Input/Output Integer

Kamis, Agustus 16, 2012 Unknown 0 Comments



Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang Input/Output Integer. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam posting kali ini adalah bahasa Pascal, check this out ^^

INPUT

Input adalah proses membaca/pembacaan data. Input bisa berupa angka, huruf, maupun simbol-simbol. Biasanya, standard input adalah melalui keyboard. atau bisa juga melalui file. tapi kali ini kita hanya akan membahas input melalui keyboard saja. Karena judul postingan ini "Input/Output Integer" berarti jenis data yang akan kita input adalah integer (bilangan bulat).
Dalam Pascal, prosedur yang digunakan untuk meng-input data adalah read() dan readln(). keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu sama-sama digunakan untuk proses input data, hal yang membedakan adalah hanya posisi kursornya saja. Pada prosedur read(), kursor akan berada di belakang teks yang dituliskan. kalau pada prosedur readln(), setelah menuliskan teks lalu menginputnya (hit enter), maka posisi kursor akan dipindahkan ke baris berikutnya.

Untuk yang pertama kita bahas prosedur read. Misalkan, kita akan meng-input sebuah data. maka syntax yang ditulis adalah :

read(a);

Lalu, untuk input data lebih dari satu bisa kita tulis :

read(x);
read(y);
read(z);

Selain cara diatas, ada lagi cara yang lebih simple. yaitu dengan menggabungkan ketiga variabel tersebut dalam satu prosedur read(). contohnya :

read(x,y,z);

Kira-kira seperti itulah contoh penggunaan prosedur baca 'read', Selanjutnya kita akan membahas prosedur readln(). Untuk pembacaan data, baik read() maupun readln() syntax yang mirip misalnya kita ingin membaca satu data :

readln(a);

Begitupun dengan input lebih dari satu variable, misalnya 3 variable. Kita gunakan :

readln(x);
readln(y);
readln(z);

atau dengan menggabungkannya dalam satu baris,

readln(a,b,c);

OUTPUT

Dalam bahasa pascal, dikenal dua prosedur output, yaitu write() dan writeln(), Keduanya hampir sama. yang jadi pembeda sama seperti prosedur read() dan readln(). jika ingin menampilkan data tanpa memindahkan baris/posisi kursor, maka digunakan prosedur write(), syntaxnya adalah :

write(a);

Kalau data yang ingin ditampilkan lebih dari satu dan ingin dalam satu baris maka :

write(a,b,c);


agar output dapat dibaca dengan lebih baik, kita bisa manambah spasi,

write(a, ' ', b, ' ', c);

note : jumlah variable yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan.

Yang perlu diperhatikan adalah prosedur tulis-menulis ini tidak menyediakan spasi, jadi ya harus manual untuk buat spasinya seperti yang saya tuliskan di atas. Oke, kalau ingin menulis+pindah posisi kursor, berarti prosedur yang digunakan adalah

writeln(a);

Jika yang akan ditulis lebih dari 1 kita gunakan cara yang hampir sama seperti prosedur write tadi,

writeln(a,b,c);

Rasanya itu saja yang bisa saya tulis di postingan kali ini. Semoga bermanfaat :D

0 komentar: