Cloud Computing : Mencoba Web-App Service di Microsoft Azure (Part 1)

Minggu, Maret 20, 2016 Unknown 0 Comments


[Spoiler Alert!]
(Akan ada banyak gambar pada postingan kali ini, ikhlaskan kuota Anda. It could be the longest one, too)

Well, kita telah membahas tentang cloud computing pada beberapa post terakhir ini. Alangkah lebih baik apabila kita mulai mencobanya. Pada posting-an kali ini saya akan mencoba layanan WebApps yang dimiliki oleh Microsoft Azure. Saya masih baru dalam hal ini, dan apa yang akan saya lakukan hanyalah sebuah hal sederhana : Mencoba melakukan hosting landing page ke layanan Web Apps yang disediakan Micorosft Azure. Untuk yang ingin mengetahuinya, silahkan lanjutkan membaca keseluruhan post ini. Dan untuk yang sudah expert bisa langsung close tab Anda. 'Cause this is for beginner, dammit.

Peace. :)

Yang expert dan mau baca boleh juga sih. Anyway, untuk menghindari post yang terlalu panjang, saya akan bagi topik ini menjadi dua bagian.

PERSIAPAN

Sebelum memulai, pastikan Anda telah mengaktifkan akun dreamspark Anda. Jika belum punya, silahkan daftar terlebih dahulu dan aktifkan di link berikut ini : [klik] .  Jika Anda masih pelajar/mahasiswa, bisa daftar di menu students. Bisa juga menggunakan e-mail universitas Anda, karena dengan itu (Apabila universitas Anda terdaftar) akan membuat Anda bisa mendownload beberapa konten secara GRATIS. So what are you waiting for?

Oh ya, akun dreamspark Anda akan dihubungkan dengan Microsoft Account yang Anda miliki. Jadi, pastikan miliki Account Microsoft ya!

THE PROCESS

Setelah mendaftar, dan mengaktifkan akun dreamspark Anda. Anda bisa langsung mengakses : https://portal.azure.com , dan Anda akan diarahkan untuk melakukan log in (jika belum). Jika Anda telah berhasil log in, Anda akan diantarkan ke dashboard. Kira-kira beginilah dashboard dari Azure :




Tampilannya rapih dan intuitive, i think.

Nah, seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, kali ini kita akan mencoba layanan Web Appsnya untuk hal sederhana : "hosting". Oh ya, akun yang saya gunakan kali ini adalah akun student, sehingga beberapa layanan tidak bisa saya pakai. Pilihlah Web + Mobile, lalu pilih Web Apps.



Jika Anda baru membuka sebuah layanan, maka Anda akan diminta untuk melakukan subscription. Log in pada jendela yang dipop-up ketika Anda klik sign up, dan Pilih subscription plan Anda. Jika Anda menggunakan akun students, dan ada subsctiption plan untuk itu, maka Anda dapat memilihnya dan tidak perlu melakukan pembayaran (GRATIS).


Nah, jika sudah selesai, Anda dapat melihat ada yang muncul pada dashboard Anda. Klik marketplace (di dashboard saya bernama marketplace), lalu lakukan beberapa pengaturan seperti nama, subscription, dan service plan.







Setelah menunggu beberapa saat, akan muncul pemberitahuan apakah web app yang sedang Anda buat telah berhasil dideploy atau tidak. Jika telah berhasil, maka alamat web, alamat ftp, username, dan konfigurasi dasar akan dibentuk secara otomatis oleh Azure. Ketika itu juga Anda bisa mengakses laman yang Anda buat, kira-kira tampilan awalnya akan seperti berikut :



Tentu saja ini belum selesai, lalu apa yang bisa kita lakukan mulai dari titik ini?
Lihat di post selanjutnya.






0 komentar: